TEMPAT BERIBADAH UNIK DI INDONESIA

DoyanBaca.com – Indonesia memang terkenal dengan keberagaman suku, bahasa bahkan agama yang menjadikan negara ini menjadi luar biasa dengan segala keberagamannya itu. Kali ini DoyanBaca.com akan menyajikan beberapa bangunan tempat ibadah yang unik di Indonesia.

Inilah tempat beribadah yang unik menurut DoyanBaca.com diambil dari berbagai sumber:

  1. MASJID MUHAMMAD CHENG HO, SURABAYA

masjid-muhammad-cheng-ho

Masjid Muhammad Cheng Ho berada di Jalan Gading, Kota Surabaya. Mesjid ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu masjid terunik. Bangunan mesjid ini tidak berbentuk seperti mesjid pada umumnya karena dibuat dengan arsitektur khas Tiongkok. Bentuk bangunan ini mirip Masjid Niu Jie di Beijing yang berusia lebih dari 100 tahun. Masjid ini beralamat di Jalan Gading No.2, Surabaya.

 

2. GEREJA KATOLIK ST. MARIA DE FATIMA, JAKARTA

toasebio

Jika kebanyakan gereja memiliki arsitektur khas Eropa, maka Gereja St Maria de Fatima (Gereja Toasebio) memiliki arsitektur khas Tionghoa. Awalnya, gereja ini merupakan rumah seorang Tionghoa. Bangunannya sendiri diperkirakan sudah berusia 200 tahun. Pada tahun 1950, seorang pastor lalu membeli rumah tersebut dan menjadikannya sebuah gereja. Gereja ini didirikan untuk mengajarkan agama Katolik pada orang-orang cina perantauan. Nuansa Tionghoa yang begitu kental sudah terlihat sejak di muka bangunan. Di pintu masuknya ada dua patung singa sebagai lambang penjaga gereja, atapnya berbentuk seperti wuwungan yang mencuat ke atas, dan adanya konstruksi kolom dan balok kayu yang dihiasi dengan ornamen kepala naga, teratai, dan awan. Warna merah dan emas pun mendominasi bangunan gereja. Gereja St Maria de Fatima ini berada di Jl Kemenangan III, Jakarta Barat.

 

3. VIHARA BUDDHAGAYA WATUGONG, SEMARANG

buddhagaya-watugong

Menurut sejarah, vihara Buddhagaya Watugong didirikan pada tahun 1957, dan merupakan vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Saat itu berupa vihara kecil, dan sempat terlantar selama beberapa tahun. Hingga akhirnya Sangha Theravada Indonesia memprakarsai renovasi vihara Watugong menjadi sebuah vihara yang besar, indah, megah. Pada tahun 2006 vihara ini diresmikan kembali. Bahkan, MURI mencatat bangunan ini sebagai vihara tertinggi di Indonesia.Watugong yang berarti batu berbentuk gong, adalah nama kawasan di lintasan jalan raya Ungaran – Semarang. Ketenaran nama Watugong tidak hanya terbatas pada sebuah batu yang berbentuk gong tersebut. Vihara ini berada di Pudakpayung, Banyumanik Semarang.

 

4. PURA LUHUR ULUWATU, BALI

uluwatu

Pura ini berdiri diatas tebing karang setinggi 97 meter dan Pura Luhur Uluwatu ini adalah salah satu Pura dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Terutama apabila sunset menjelang, seakan pengunjung pura ini dimanjakan oleh keindahannya. Kompleks Pura ini di berdiri sejak abad ke -11. Masyarakat Bali menyebutnya dengan nama Pura Sad Kayangan, sebab mereka percaya Pura ini berfungsi menyanggah sembilan mata angin. Tepat dibawahnya adalah Pantai Pecatu yang terkenal dengan ombaknya yang bagus, tidak heran pantai ini sering digunakan untuk event selancar. Pura ini berada di Pecatu, Kuta Selatan Kabupaten Badung, Bali.

Jadi sobat DoyanBaca.com kalau ada yang wisata ke kota – kota tersebut, sempatkan untuk berkunjung ke tempat – tempat beribadah yang unik diatas ya.

Bila sobat DoyanBaca.com punya referensi tempat beribadah unik lainnya di Indonesia, silahkan share di comment ya.

Nv

 

KOMENTAR KAMU

Komentar

YUK BERBAGI, BIAR SEMUA ORANG DOYAN BACA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'