PASCA DIHAJAR GEMPA 6,5 SR, WARGA ACEH KEMBALI BERAKTIVITAS NORMAL

Jakarta, DoyanBaca.com – Warga yang tinggal di pinggir pantai Aceh Jaya ikut merasakan guncangan gempa. Meski sempat panik dan menyelamatkan diri, sejak pagi tadi mereka sudah menjalani rutinitas seperti biasa.

“Sejak pukul 07.00 WIB aktivitas sudah kembali normal. Sejak mendapat kepastian tidak ada potensi kegiatan sudah normal, prinsip kehati-hatiannya sudah biasa kalau terjadi gempa,” kata seorang saksi mata bernama Naswardi yang sedang menginap di hotel di Calang, Aceh Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016).

Naswardi mengungkapkan saat terjadi gempa masyarakat di sekitarnya langsung menyelamatkan diri di lahan yang jauh dari bangunan. Dia juga mengatakan sempat terdengar bunyi gemuruh bangunan karena guncangan gempa cukup keras.

“Bagi saya yang terbiasa tinggal di Jakarta gempanya cukup keras tapi masyarakat di sini sudah sensitif dengan bencana dan refleknya cepat. Terdengar bunyi gemuruh langsung keluar rumah, ada yang turun dari hotel, berlari mencari tempat yang aman,” kata dia.

Akibat gempa itu beberapa dinding kamar hotel tempat Naswardi menginap mengalami retak. Beruntung tidak ada korban jiwa di sekitar lokasi Naswardi.

“Bangunan hotel termasuk kamar yang saya inap retak besar. Dinding-dinding retak bangunan bagian dalam ruangan, karena bangunannya termasuk tiang kokoh, tapi waktu gempa tetap bergemuruh,” kata dia.

“Di sini alhamdulilah enggak ada (korban), informasi teman-teman banyak bangunan roboh di Pidie Jaya, kalau Aceh Jaya cuma retak aja,” ungkap dia.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan M=6,5 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Seperti apa kekuatan gempa yang mengguncang Aceh di pagi buta ini? Lihat video amatir yang diunggah oleh akun Youtube Snoopy ini:

 

Sumber: Detik.com

KOMENTAR KAMU

Komentar

YUK BERBAGI, BIAR SEMUA ORANG DOYAN BACA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'