MUSEUM WAYANG JAKARTA

Jakarta,DoyanBaca.com – Museum Wayang merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan Kota Tua Batavia. Museum ini berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara, Ibu Kota Jakarta. Di dalam museum ini disajikan berbagai macam jenis wayang dari seluruh dunia termasuk Indonesia seperti wayang yang terbuat dari kulit atau kayu. Ada juga beberapa boneka dari Thailand, Tiongkok, Eropa, India, dan masih banyak lagi. Karena Museum Wayang ini terletak di tengah-tengah kota, maka anda tidak akan kesulitan menuju ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau Trans Jakarta

Sekilas Tentang Sejarah Museum Wayang Indonesia

wayang
Sejarah Museum Wayang, gedung yang sekarang dipakai untuk museum ini awalnya adalah sebuah gereja yang didirikan oleh VOC pada tahun 1640. Setelah itu, gedung ini sempat mengalami beberapa perombakan dan pada tahun 1839 akhirnya gedung ini digunakan sebagai Museum Batavia yang diresmikan oleh Gubernur Jenderal Belanda. Pada tahun 1975 barulah Museum Wayang Jakarta diresmikan.
Terdapat lebih dari 5.000 koleksi wayang di museum ini berasal dari Indonesia dan luar negeri seperti wayang golek, wayang rumput, wayang beber, wayang kardus, dan masih banyak lagi. Di sini anda juga dapat melihat bagaimana wayang dibuat, serta peragaan karawitan. Beberapa pergelaran yang lain seperti pergelaran Wayang Kulit Purwa, Wayang Golek, dan Wayang Kulit Betawi. Semua pergelaran ini dijadwalkan untuk tampil setiap minggunya. Ada pula lomba melukis dan menggambar wayang yang diadakan khusus untuk para pelajar serta berbagai macam diskusi dan ceramah tentang wayang.

Koleksi Museum Wayang
Koleksi Museum Wayang

Para pengunjung dapat membeli cinderamata di Museum Wayang. Di dekat pintu keluar museum ini terdapat toko cinderamata yang menawarkan wayang kulit, buku pewayangan, pajangan, gantungan kunci, dan lain-lain. Museum ini buka setiap hari Selasa sampai dengan hari Minggu, sedangkan hari Senin dan hari raya ditutup. Untuk masuk ke objek wisata ini maka para pengunjung diharuskan untuk membayar tiket masuk dengan harga terjangkau. Selain berwisata di Museum Wayang Kota Tua, anda juga dapat mengelilingi kawasan wisata Kota Tua Jakarta sambil naik sepeda onthel.

 

Sumber:wisatanesia.co

KOMENTAR KAMU

Komentar

YUK BERBAGI, BIAR SEMUA ORANG DOYAN BACA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'