KELUARGA SEPAKAT CUT MEUTIA DI UANG BARU TAK PAKAI HIJAB

Jakarta, DoyanBaca.com – Gambar Cut Meutia yang tak memakai jilbab di uang rupiah yang baru diluncurkan Bank Indonesia ramai dibahas. Gambar pahlawan perempuan dari Aceh itu dianggap tak sesuai dengan syariat di tanah Serambi Mekah.

Cucu kandung Cut Meutia, Teuku Rusli, merespons ramai-ramai soal neneknya. Menurut Rusli, selama ini tak pernah benar-benar ada gambar resmi Cut Meutia yang dimiliki keluarga.

Terkait tampilan Cut Meutia di pecahan uang baru Rp 1.000, pihak keluarga pernah diundang ke Bank Indonesia untuk mendiskusikannya. Kemudian, disetujui gambar Cut Meutia tak memakai jilbab.

“Kita pihak keluarga tidak pernah berinisiatif menyampaikan gambar itu ke BI. Mungkin BI sendiri yang mencari tahu seperti apa gambarnya, datangnya ke kakak saya, dibuatlah satu gambar itu. Kakak saya, namanya Zulfikar, diundang ke BI. Sekarang dia sudah pulang ke Aceh,” ujar Rusli saat dihubungi detikcom, Kamis (22/12/2016).

“Kita enggak pernah bikin foto, di zaman dulu enggak pernah ada foto-foto. Kecuali yang tinggal di Banda Aceh. Kalau di kampung saya, 400-500 km dari Banda Aceh, enggak ada kita di situ yang bikin-bikin foto, melukis juga enggak ada, kan di Islam dilarang melukis makhluk hidup,” jelasnya.

Rusli mengatakan, pihak keluarga tidak mempermasalahkan tampilan Cut Meutia. Pakai kerudung atau tidak, tidak apa-apa.

Dipakein kerudung juga enggak apa-apa. Tapi apa benar kerudungnya seperti itu? Memang di medsos orang Aceh banyak yang protes. Orang kita (keluarga) enggak tahu apa-apa. Kerudung juga kerudung gimana? Orang Aceh dulu kan kerudungnya tidak seperti sekarang,” ujar Rusli.

Dia menambahkan, kala itu semua perempuan Aceh memakai kerudung atau semacam tutup kepala. Kecuali ketika mereka sedang berada di dalam rumah.

“Kerudung itu kan perintah agama. Semua memang pakai tutup kepala,” terangnya.

Sebelumnya, Dwi Estiningsih mencuitkan protes soal gambar Cut Meutia di uang baru yang tidak memakai jilbab.

“CutMeutia, ahli agama & ahli strategi. Bukan ahli agama bila tak menutup aurat #lelah,” tulisnya.

 

 

sumber: detik.com

KOMENTAR KAMU

Komentar

YUK BERBAGI, BIAR SEMUA ORANG DOYAN BACA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'