5 SURGA WISATA DI JAWA BARAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Jawa Barat,DoyanBaca.com – Jawa barat, sebuah provinsi di pulau jawa yang mempunyai kekayaan potensi wisata alam yang sanat luar biasa. Surga tersembunyi itu tersebar di berbagai kota dan kabupaten di seluruh wilayah jawa barat.
Tetapi karena keterbatasan promosi dan kemampuan pemerintah setempat untuk mempromosikan tempat wisata tersebut sehingga wisatawan hanya sebatas wisatawan lokal saja. Padahal potensi untuk di kembangkan sangat besar.
Sebut saja salah satunya adalah telaga remis, sebuah telaga yang terletak di kabupaten cirebon yang mempunyai ciri khas hutan hujan tropis yang sangat indah. Apalagi di balut dengan cerita-cerita legenda yang akan melengkapi rasa penasaran pengunjung.
Masih banyak lagi surga tersembunyi di jawabarat yang memiliki keindahan luar biasa. Kali ini piknik asik telah merangkumnya ke dalam 10 surga tersembunyi di jawa barat yang wajib di kunjungi oleh wisatawan.

1. Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Ujung Genteng
Ujung Genteng

Selama ini wisata di jawabarat selalu di dominasi dengan wisata pegunungan, Padahal ketika kita mencoba explorasi lebih jauh. Banyak sekali destinasi wisata pantai yang memiliki keindahan luar biasa dengan ciri khas pantai hampir mirip di gunungkidul yogyakarta.
Pantai ujung genteng, salah satu pantai yang harus dikunjungi ini berlokasi di sukabumi jawabarat. Sampai saat ini pantai ujung genteng termasuk antai yang masih sangat sepi pengunjung, padahal pantai ini memiliki pemandangan yang indah.
Berlokasi di desa genteng pantai ini memiliki karakteristik pantai dengan batu karang dan kpasir putih, dengan ombak yang tidak terlalu besar di pinggir pantai dan bibir pantai yang dangkal, membuat pengunjung yang datang kesini akan merasa betah berlama-lama mandi di pantai ujung genteng.
Fasilitas yang berada di wisata pantai ujung genteng pun cukup lengkap. Mulai dari fasilitas dasar, seperti toilet dan kamar mandi yang bersih. Lalu lokasi parkir kendaraan yang lumayan luas untuk menampung ratusan roda dua dan roda empat.
Untuk memanjakan perut wisatawan, disediakan pula beberapa warung makan kuliner seafood di pinggir pantai. Bagi wisatawan yang menginginkan menginap sudah tersedia beberapa hotel dan homestay disana dengan beberapa pilihan harga.

2. Curug Bidadari Bogor Jawa Barat

curug bidadari
curug bidadari

Sebuah curug yang berada di wialayh bogor ini konon katanya adalah tempat turun nya bidadari. Ini disebabkan karena ketika setelah hutan lebat sering muncul sebuah pelangi yang dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat turun nya para bidadari dari surga.
Hanya saja saat in pengelolaan curug bidadari sudah di pegang oleh sentol paradise residance, sebuah perusahaan swasta yang berada di bogor, tetapi lambat laun memang fasilitas di curug bidadari terus di tambah demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.
Tarif mantuk masuk ke curug bidadari pun tergolong murah meriah . pengunjung cukup membayar retribusi 25.000 / orang ketika hari kerja dan 40.000/orang ketika weekend.
Fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap, mulai dari tempat ganti baju, kamar mandi dan toilet yang terawat. bagi yang membawa anak-anak disediakan sebuah kolam yang dangkal di depan air terjun, untuk mandi anak-anak.
Hanya saja jalan menuju curug bidadari masih rusak,jalan sudah beraspal tetapi masih berlubang dan sempit. Semoga kedepan pemerintah setempat memperhatikan infrastruktur surga tersembunyi i jawabarat ini, sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung.

3. Wisata alam Telaga Remis Cirebon, Jawa Barat

telaga remis
telaga remis

Surga tersembuyi di jawabarat yang satu ini juga perlu di masukan ke dalam list piknik kami. Di kelilingi hutan hutan tropis yang hijau membuat suasana di telaga remis bogor jawabarat sangat segar dan sejuk.
Disiang haripun suasana di telaga remis sangat dingin, bahkan panasnya cahaya matahari tidak mampu melawan dingin nya telaga remis. Di saat pagi-pagi buta telaga remis di selimuti oleh kabut yang membuat suasana di surga tersembunyi ini semakin romantis.
Berada 20 kilometer dari kota cirebon, telaga ini menjadi wisata alternatif warga sekitar majalengka, kuningan dan kota cirebon itu sendiri. Masih menjadi perdebatan sampai saat ini apakah, telaga remis ini berada di wialayh kuningan atau cirebon. Karena meman telaga ini berada di perbatasan antara kuningan dan cirebon.
Disini juga terdapat sebuah legenda atau mitos yang dipercaya masyarakat sebagai asal muasalal telaga remis bogor. Konon dahulu kala ketika pengeran siliwangi berada di tempat ini untuk meditasi dan kehausan beliau mengumpulkan embun atau dalam bahasa sunda reumis untuk minum
Raja siliwangi membuang sisa embun tersebut dan berdoa kepada tuhan semoga suatu saat embun tersebut akan menjadi sebuah telaga yang berguna bagi warga masyarakat sekitar.
Dibalik mitos yang banyak dipercaya masyarakat, telaga remis sampai saat ini memang dipergunakan oleh warga sekitar cirebon majalengka dan kuningan sebagai sumber air bagi lahan pertanian dan sumber air minum.
4. Sunset di puncak Guha Garut Jawa Barat

Sunset Puncak Guha
Sunset Puncak Guha

Pantai puncak guha, sebuah tebing diatas pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan antai rancabuaya. Sehingga lebih pasnya lagi ketika datang ke puncak guha ini setelah mengunjungi pantai rancabuaya untuk menikmati sunset.
Hal unik yang di temukan di puncak guha adalah sebuah lubang raksasa atau goa yang menembus dari atas sampai ke laut yang menjadi sarang ribuan burung walet dan kelelawar.
Rute menuju kepuncak guha tidak terlalu sulit. Semua jalan sudah beraspal hanya agak sempit. Berjarak 90 kilometer darikota garut menjadikan puncak guha ini menjadi surga tersembunyi di jawabarat yang wajib dikunjungi ketika berada di kota garut.
Puncak romatis ini memang masih sangat sepi pengunjung. biasanya hanya penghobi footgrafi sunset atau orang-orang yang hobi caamping saja yang datang kesini.
Fasilitas di wilayah puncak guha pun tidak lengkap. disini belum tersedia kamar mandi dan toiliet. Penginapan dan hotel terdekat juga berada di wilayah pantai rancabuaya. sehingga bagi yang ingin menginap bisa membawa peralatan camping sendiri.
Untuk masuk di wilayah puncak guha pun pengunjung diwajibkan membayar retribusi sekitar 5.000/orang. Harga yang cukup murah di bandingkan dengan pemandangan sunset yang mempesona. Semoga kedapan fasilitas di puncak guha ini ditambah dan semakin lengkap.
5. Green Canyon Ciamis Jawa Barat

Green Canyon
Green Canyon

Surga tersembunyi di jawabarat yang satu ini memang wajib anda kunjungi. Saat ini green canyon memang sudah mulai banyak di kunjungi oleh wisatan lokal maupaun luar daerah. Karena memang green canyon memiliki keindahan alam yang sangat alami.
Sebuah sungai dan tebing dengan air jernih kehijauan dari lumut yang menempel di batu dan dasar sungai akan menambah keindahan pemandangan di green canyon. Pengelola wisata green canyon sangat memperhatikan kebersihan. Pengunjung tidak akan menemukan satupun sampah berserakan disana.
Fasilitas yang disediakan pengelola green canyo pangandaran pun sangat lengkap. meliputi fasilitas dasar toilet yang bersih. lalu warung-warung makan yang menyediakan beraneka menu khas pangandaran.
untuk mengelilingi green canyon pengunjung harus menyewa perahu dengan tarif 50.000 per orang. Atau juga bisa mencoba bodyafting dengan menggunakan ban denga n membayara 30.000 per orang. Jangan khawatir pengelola juga sudah menyiapan beberapa petugas untuk mengawasi pengunjung apabila membutuhkan bantuan.
Jangan lupa pengunjung membawa bekal makanan dan minuman yang bisa dibeli di pintu masuk sebelum memasuki lokasi green canyon. Karena di dalam reen canyon sama sekali tidak ada penjual makanan ataupun minuman.
Bagi pengunjung yang menginginkan untuk bermalam di lokasi wisata alam green canyon, sudah terdapat beberapa pilihan penginapan dan hotel dengan tarif yang cukup murah. Di sekitar wisata juga sudah tersedia tukang ojek untuk mengantar anda ke hotel atau penginapan sembari menunjukan rekomendasi penginapan.

sumber:piknikasik.com

 

KOMENTAR KAMU

Komentar

YUK BERBAGI, BIAR SEMUA ORANG DOYAN BACA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'