5 PENGELUARAN YANG TIDAK DISADARI MENGURAS ISI DOMPET DI TENGAH BULAN

Jakarta, DoyanBaca.com – Pengeluaran tak terduga sering membuat isi dompet habis di tengah bulan. Tak disadari, pengeluaran ini mengganggu masa depan yang masih panjang.

Oleh karena itu, jangan asal mengeluarkan uang untuk suatu hal yang nggak begitu penting, khususnya di masa sulit seperti sekarang.

Supaya keuangan Anda tertata dengan baik dan enggak ada penyesalan di kemudian hari, berikut 6 jenis pengeluaran yang harus direncanakan seperti ditulis Hipwee.

Segera praktekkan biar uang Anda enggak melulu habis di tengah bulan.

 

1. ATUR PENGELUARAN MAKAN

Makan merupakan salah satu pengeluaran yang tak disadari menguras isi dompet, sebab ini merupakan kebutuhan primer setiap orang.

Sebaiknya atur pengeluaran untuk hal ini dari sekarang. Mulai dari bahan-bahan masakan jika Anda memilih untuk masak sendiri, makan di warung nasi, hingga sesekali di restoran bersama teman atau pacar bisa mengirit pengeluaran.

Mulai sekarang, perhatikan pengeluaran Anda untuk makan.

 

2. ATUR PENGELUARAN PERLENGKAPAN MANDI

Meski tidak setiap bulan perlengkapan mandi maupun produk perawatan tubuh habis, Anda tetap perlu menata berapa kisaran budget yang akan dikeluarkan.

Satu hal yang pasti, Anda jangan jadi korban iklan. Jika tubuh Anda telah terawat dengan baik dan enggak masalah dengan apapun, syukurilah dan tak usah tergiur godaan iklan. Demi keuangan yang selalu terjaga.

 

3. ATUR PENGELUARAN BENSIN, PULSA, DAN LAINNYA

Transportasi dan komunikasi merupakan 2 hal penting yang enggak boleh terlupakan. Sebagai penunjang aktivitas, biaya ongkos, uang bensin, dan pulsa handphone pun harus direncanakan.

Jangan sampai pengeluaran yang enggak seberapa ini malah enggak dimasukkan ke dalam perhitungan, sehingga isi dompet malah tinggal selembar. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan uang kontrakan atau kost-an bagi yang saat ini tengah merantau.

 

4. ATUR PENGELUARAN DADAKAN TIAP BULAN

Selain kebutuhan sehari-hari, ada lagi keperluan yang harus Anda antisipasi walau perbulannya belum tentu dikeluarkan. Beberapa di antaranya yaitu, kondangan, servis kendaraan atau beli baju baru.

Bahkan jika ada berita duka dari teman atau keluarga dekat, Anda pun nggak kelabakan.

 

5. ALOKASI DANA HIBURAN DAN MENABUNG

Hiburan saat ini sudah seperti menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Atur pengeluaran walau hanya untuk sekadar nonton bioskop.

Satu hal yang pasti, jangan pernah melupakan masa depan. Sebagai anak muda yang masih menempuh perjalanan cukup panjang, Anda harus pandai menyimpan tabungan untuk digunakan di kemudian hari.

Bukan hanya itu, menyiapkan beberapa Rupiah untuk kebutuhan beramal juga sangat Anda butuhkan demi hubunganmu dengan sesama manusia.

 

 

sumber: hipwee

KOMENTAR KAMU

Komentar

YUK BERBAGI, BIAR SEMUA ORANG DOYAN BACA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'